Read more: http://tavincute.blogspot.com/2011/05/membuat-teks-berjalan-pada-navbar.html#ixzz3zrz2SP22

Kamis, 11 Februari 2016

EKOR PUTUS PADA MUSANG AKAR


Putusnya ekor pada musang akar bisanya karena digigit sendiri atau karena sebab tertentu seperti kecelakaan, terjepit. Akan tetapi biasanya ekor musang akar yang putus itu disebabkan oleh :
1.      Rasa gatal yang sangat menggangu si musang akar karena faktor kutu, jamur, alergi kulit dan kotoran yang menempel di ekor musang akar yang berasal dari dasar kandang yang kurang bersih. Musang akar suka mengigit bulu - bulunya untuk sekedar membersikan bulunya dari kotoran dan hal ini biasanya juga dia lakukan pada ekornya.
2.      Faktor kecelakaan seperti tergigit musang akar lain dan terjepit. Tergigit hewan lain biasanya karena musang akar yang tidak cocok dengan musang akar lainya. Satu sama lain akan mempunyai pertahanan diri dan protektif terhadap musang akar lainnya. Apabila ini terjadi bisa dipisahkan ke kandang yang lain, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan (biasanya terjadi saat mengawinkan musang akar/ terjadi saat kandang yang berdekatan).
Beberapa cara penanganan yang ada ialah:
  1. Isolasi musang akar ke tempat yang nyaman dan baik untuk dia istirahat, pindahkan kandang dan bersihkan kandang dari kotoran yang ada .
  2. Berikan penanganan pertama berupa antiseptic ke ekor musang yang luka/putus berupa revanol dan antiseptic lainya untuk membersihkan luka baru dan luka lama.
  3. Apabila ekor sudah bersih dari kotoran dan darah, bisa berikan betadine cair dan salep.
  4. Bisa juga diberikan bubuk pil kina, obat malaria agar si musang akar tidak menjilati bahkan mengigiti luka tersebut karena obat tersebut bersifat pahit, tetapi jarang sekali obat ini digunakan
  5. Berikan obat luar sampai beberapa minggu agar obat terus menyerap ke luka, berikan minimal sehari 2x
Untuk pengobatan ujung ekor musang akar yang digigit sampai luka bahkan membusuk, biasanya bisa dibawa ke rumah sakit hewan hewan terdekat karena banyak juga faktor mengapa musang akar tersebut melakukan hal itu. Biasanya jaringan - jaringan yang ada di ekor akan membusuk dan tertarik ke arah pangkal ekor mengikuti arah atas pangkal 0 dan mengakibatkan tulang buntut terlihat semakin menonjol dikarenakan pembusukan. Apabila penangananya benar biasanya ekor yang luka akan mengering, tetapi butuh proses yang lama bisa 3 mingguan-bulanan.
Tulang ekor bisa menonjol disebabkan jaringan dan kulit daging yang membusuk mengalami penarikan dan pembusukan yang mengakibatkan jaringan mati dan busuk sehingga tulang ekor terlihat menonjol. Tulang merupakan jaringan terkeras dalam tubuh dan jika tulang ekor membusuk maka akan terlepas sendiri dari ruas tulang ekor yang ada. Musang akar menggigit dan menjilati air liur sendiri karena air liur musang akar mempunyai enzim tertentu yang bisa membantu penyembuhan dan membersihkan luka/kotoran dari tubuhnya, serta rasa gatal yang ditimbulkan dari sakit tersebut juga salah satu faktor si musang akar itu menjilati bahkan mengigiti ekornya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar