Read more: http://tavincute.blogspot.com/2011/05/membuat-teks-berjalan-pada-navbar.html#ixzz3zrz2SP22

Kamis, 11 Februari 2016

HANDLING MUSANG AKAR



Perlu diketahui musang akar liar hidupnya kbanyakan di atas pohon, berburu di atas pohon dan tidurpun bergelantungan dipohon. Tetapi banyak juga yang di atas tanah untuk mencari makanan dan beristirahat. Musang akar salah satu musang yang hampir selama hidupnya memakan serangga dan buah buahan. Musang akar yang menjadi hewan peliharaan dirumah kita biasnya diberikan makanan yang bervarian,mulai dari nasi,buah,rebusan daging ayam,dan serangga. Untuk menghandling musang akar memang sedikit agak susah. Bila kita menginginkan musang akar yang jinak hendaklah memelihara dari kecil yang sudah jinak. Apabila kita sudah terlanjur mempunyai musang akar liaryang kurang jinak, sebaiknya berhati-hati apabila memiliki taring utuh, karena musang akar biasanya menggigit dengan tekanan yang kuat untuk menancapkan taringnya,biasanya dalam keadaan tertekan, kaget dan mempertahankan dirinya dari lingkungan sekitar. Untuk itu, sedikanlah kandang yang layak.

Apabila perlu berikan batangan pohon besar untuk dia bermain. Apabila ingin memegang musang akar yang nakal, hendaklah memakai sarung tangan demi keamanan dan bila perlu tambahkan rantai di leher agar memudahkan kita menghandle musang akar tersebut. Hal ini biasanya memerlukan 2 orang untuk memasang rantainya. Ambilah musang akar dari kandang dengan menutup mukanya dengan kain untuk mengalihkan perhatianya. Pakai sarung tangan sepasang, kemudian ambildan pegang buntut dengan tangan kanan. Sedangkan tangan kiri memegang dada bawah dan keluarkan musang akar dari kandang, bisa di elus-elus selama dia masih di tangan kita, bisa juga letakan di lantai, atau meja. Teruslah meraba bagian atas sampai ke pangkal ekor. Bila musang akar masih menolak itu menandakan dia masih belum paham akan sentuhan kita. Lakukan berulang-ulang dalam jangka waktu berminggu dan berbulan-bulan. Sentuhan pada musang akar diperlukan agar dia mengetahui bahwa kita tidak menyakitinya. Ajaklah keluar rumah,bisa saat gath tetapi usahakan jauhkan dari org lain,karna maksud mengajak musang akar keluar agar ia terbiasa akan lingkungan luar:). Musang akar yang sudah ditangani berminggu2 biasanya akan terbiasa dgb sentuhan,dan lingkungan. bisa dimandikan dengan menyemprot dengan selang air, bisa juga dengan memberikan sentuhan dengan memakai gloves kita berikan shampoo secukupnya.
Apabila musang akar kita diam di dalam kandang coba kita berikan sentuhan. Apabila dia menerima teruskanlah elusan tersebut, dengan begitu dia mulai memahami sentuhan kita. Selain itu berikan juga makanan dengan tangan kita sendiri berupa buah yang dipotong kecil dan berikan secara rutin bertahap. Tahap ini biasanya menjadi rutinitas kita dalam menghandle musang akar. Tetapi perlu di ingat, musang akar yang dewasa yang liar sukar di jinakan atau dihandle seperti musang akar jinak lainya. Jadi kita tidak bisa mngharapkan semua hewan yang kita pelihara akan menjadi seperti yang kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar