Read more: http://tavincute.blogspot.com/2011/05/membuat-teks-berjalan-pada-navbar.html#ixzz3zrz2SP22

Kamis, 11 Februari 2016

KESEHATAN GIGI MUSANG AKAR



Setiap musang biassnya membutuhkan taringya untuk menerkam/mengigit mangsanya. Selain itu berguna juga untuk mencegkram kuat mangsanta. Sering kali kita temukan penumpulan taring/gigi di ujungnya, penumpulan taring biasanya dilakukan untuk alasan keselamatan pemiliknya juga. Hal tersebut merupakan hal yang wajar dan ada juga yang mendapatkan musang yang liar maka dilakukan penumpulan di bagian taring.

Beberapa musang akar pernah mengalami penumpulan yang dilakukan secara asal-asalan atau memakai tang potong tetapi memecah taring yang telah ditumpulkan. Taring yang pecah biasanya akan mengakibatkan pembusukan, hal ini tidak disadari oleh kita. Pembusukan tersebut biasanya dalam waktu yang lama bahkan tahunan, taring musang yang ditumpulkan itu terlihat lubang kecil di tengah taring yang menghubungkan syaraf ke ruang gusi musang bahkan syaraf gigi terhubung ke syaraf kepala.
Salah satu dampak akibat gigi yang berlubang ialah masuknya bakteri dari sisa makanan dan air minum ke gusi, bahkan bisa mengakibatkan pembengkakan gusi dan mata musang. Bila kita perhatikan gigi musang yang ditumpulkan tanpa dirawat terlihat kecoklatan biasanya berbeda dengan susunan warna gigi lainnya. Salah satu tips yang baik, kita menyumpal taring yang sudah ditumpulkan tersebut dengan gips gigi agar gigi terlihat rapih sesudah di tumpulkan. Tetapi banyak juga musang akar yang tumpul taringya masih sehat sampai sekarang.
Salah satu hal yang bisa dilakukan pada saat kita mengetahui taring yang kita tumpulkan pecah terlihat sampai ke gusi yaitu sebaiknya dilakukan pencabutan. Apabila tidak dilakukan, biasanya akan mengalami pembusukan yang cepat. Bila musang akar yang dilakukan penumpulan taring di umur 1-2 bulanan biasanya akan menanggalkan atau mencopot taringya untuk penumbuhan taring baru. Sebaiknya penumpulan taring disertai oleh orang yang paham dan pernah melakukanya. Salah satu penanganan gigi atau gusi yang bengkak bisa di kompres dengan antobiotic betadine kumur yang rendah alkohol dan dilakukan sehari 2-3 kali untuk meringankan bengkak dan menghilangkan kuman. Beberapa kasus musang yang tidak mau makan atau terjadi infeksi dalam mulut bisa juga diakibatkan dari bakteri tersebut. Untuk yang uda terlanjur menumpulkan taring sebaiknya dirawat dengan baik. Bila terjadi sesuatu segera hubungi rumah sakit terdekat agar musang akar terjaga kesehatanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar